8/24/2005

terlalu beratkah ?

Astaghfirullah... malam ini saya lupa tilawah,kenapa lagi sih ini ? kok gampang banget ya lupanya. Saya sadar adalah bukan sesuatu yang mudah untuk membiasakan tilawah setelah sholat untuk menyicil 1 juz/hari. Banyak banget godaan yang harus di hadapi, bahkan urusan yang tetek bengek gak perlu juga kadang tanpa sengaja jadi faktor dominan kelupaan tilawah.

Sebenarnya kalo diitung-itung gak susah tilawah 1 juz/hari. 1 juz itu kalo pake pocket mushaf Al Qur'an + terjemahannya penerbit As Syamil itu cuma 10 lembar. Nah dibagi 5 aja, jadi setiap sehabis sholat fardu tilawah 2 lembar yang kira-kira dengan kecepatan sedang membutuhkan waktu 10 - 15 menitan. Jadi untuk setiap sholat 5 waktu sediakan waktu 10 - 20 menit extra.

Biasanya kalo sholat jamaah itu membutuhkan waktu 10 menit, nah paling tidak kita sediakan waktu 20-30 menit setiap sholatnya. Kalo di kalkulasikan semua sekitar 100-150 menit, 2 jam 30 menit. Itu estimasi waktu yang kita butuhkan untuk sholat + tilawah.

2 1/2 jam sehari + tahajud 1/2 jam berarti yang dibutuhkan 3 jam dari 24 jam yang kita butuhkan untuk kebutuhan dasar rohani. Terlalu berat kah ?

No comments: