4/11/2004

tolong hargai mereka

20 ribu ?! gak pantes memang kalo ngasih tukang yang naik kesana cuma 20 ribu rupiah !

Untuk narik 3 buah kabel utp dari gedung sebrang ke ruangan itu trus melewati loteng ke ruangan berikutnya kita butuh 4 orang ? sedangkan tukang itu mampu sendirian, hebat ! dan memang gak pantes kalo dulunya cuma dihargai cuma 20 ribu repes. Tadi awalnya aku, erwin dan wawan kebagian ngulurin kabel dari gedung sebrang trus ke ruangan rapat director abis itu lanjut ke ruang meeting. Kita naik ke loteng ba'da asyar, berada dalam ruangan (loteng) yang gelap, pengap, panas dengan kabel yang berseliweran disana sini kayak berada di daerah penuh ranjau. bermodalkan senter, tang, obeng dan palu. wawan menarik kabel dari bawah menuju lobang, aku membikin rute jalur kabel sedangkan erwin menjulurkan kabel dari atas ke bawah melalui lobang yang dipojok ruangan tujuan. Bak sekelompok teroris (dalam film gitu) kita menelusuri loteng yang gelap, pengap penuh jaring laba-laba.

"awas kabel disebelah kanan", "erwin maju !", "dank, ati-ati itu kayunya bisa patah", "wan awas depan lo ada terminal" dan akhirnya kita sampai di titik awal. Kabel ditarik, "ok sekarang kita ke seberang, bentar kabelnya aku aku iket di sabuk dulu nih !". Aku dan erwin menyusuri kuda-kuda atap di loteng itu, nah mungkin ini salah satu bagian yang sulit karena aku harus melewati celah-celah kecil yang penuh dengan kabel listrik. Ke senggol sedikit bisa jadi kesetrum tegangan 220 V, lumayan bisa lengket tuh kalo kesentuh. Dibawah temen-temen pada teriak "udah belum ?!" padahal kita masih dalam separoh perjalanan. "belom masih jaoh !"

Senter cuma satu, jadi wawan harus bergelap-gelapan sambil narik kabel dari bawah. Medannya sulit ternyata, karena kita cuma bawa satu senter untuk penerangan. jarak antara lobang satu dengan satunya lagi ada sekitar 50 meteran lebih. Dan kabel ditarik membentuk garis diagonal supaya mendapati jarak terdekat sehingga satu gulungan itu bisa untuk 2 kabel nantinya. baru saja kabel yang kita bawa masuk ke lobang ruangan berikutnya azan berkumandang, artinya magrib udah menjelang. puih ! susah juga, cuma ngulurin kabel 3 biji perjuangannya ..mak !

lima menit berselang mas Anjar dateng bawa senter satu lagi, alhamdulillah aku bisa ngisi absen dulu nih. Bagianku digantiin sama mas anjar, aku turun. Selesai sholat ternyata ngulurin kabel belom selesai juga, kita salah prediksi bahwasanya kabel satu gulungan gak cukup untuk 3 bagian yang bakal dipotong nanti. Aku iseng ngeliat ke ruangan awal. Ops, itu kabel nyangkut, pantesan ditarik ngadat gitu. dikira udah mentok, aku aksih tau ke wawan kabelnya masih cukup untuk 1 bagian lagi. Akhirnya wawan naik lagi, setelah tadi turun juga buat magriban. Aku gak naik lagi karena diatas udah 3 dan aku bantu dibagian bawah.

"Kita kayak orang gila ya !" sewaktu diatas tadi wawan berkomentar, yap...tereak-terak kayak orang gila ngasih tau orang yang dibawah, kabelnya cukup gak ? tarik lagi dong ? masukin kabelnya lagi dong ? rokoknya dong ... heheh tuh erwin keseringan minta rokok diatas. Alhamdulillah menjelang isya kabelnya dah kelar, erwin, mas anjar, dan wawan turun rupa mereka kayak baru keluar dari kandang ayam aja... sana sini item kena debu ama jaring laba-laba.
seketika mas anjar nyeletuk "Segitunya rek, kayak gitu mas Hadi *tukang yang masang kabel dulu* aku kasih 20 ribu dulunya diem aja". Aku, erwin dan wawan kepikiran yang sama... gak pantes memang ngasih tukang yang masangin kabel lewat loteng cuma 20 ribu repes apalagi sendirian.

adalah sesuatu hal yang sangat perlu untuk melakukan pekerjaan yang kita tugaskan/minta tolong ama orang lain, agar bisa menumbuhkan rasa penghargaan yang sepantasnya untuk orang-orang yang kita tugaskan/mintai pertolongannya

No comments: