12/04/2005

Ngapain Harus Ontime ?

Saat ini masih 5 Desember. Saya sedang mengikuti pelatihan manajemen Apotik di Sucofindo. Gak usah dibahas ya, kenapa kok bisa ikutan pelatihan semacam itu. Yang bakal saya bahas adalah masalah klasik budaya orang Indonesia Raya !

Entah kenapa dan sampai kapan saya tidak tau alasannya, kenapa kok setiap seminar, pelatihan dan sejenisnya bangku/tempat duduk yang penuh duluan adalah bagian belakang. Aneh, bangku depan adalah bangku ajaib yang selalu kosong. Atau mungkin ada jin yang sudah ada duduk disana ? Kalau sang pembawa acara mau memulai acara kemudian
mempersilahkan untuk memenuhi tempat duduk di depan, baru kita malu-malu dengan tersenyum simpul sambil dorong-dorong pindah ke depan. ah, klasik sekali !

Hal ini bukan berarti saya tidak pernah seperti itu. Saya pernah sengaja untuk duduk di belakang. Dulu waktu kuliah selalu memilih duduk di belakang, karena memang postur dan rambut saya yang gondrong menghalangi mahasiswa yang lain makanya saya pilih duduk di belakang. Dan alasan yang lebih tepat lagi, saya kuliah niatnya bukan untuk dapetin ilmu tapi lebih sering niatnya nyambung tidur yang baru 2 jam. Itu dulu ... ( ah, kayak orang-orang sudah tua saja saya )

Terus terang, ternyata budaya seperti saya di mahasiswa dulu masih banyak yang memakainya di dunia kerja. Saya akui, saya dulunya bukanlah mahasiswa yang patut ditiru. Walopun saya pernah menjadi mahasiswa berprestasi di kuliah dulu (maaf sedikit membuka rahasia).

Entah angin, hujan, petir ataupun mimpi apa semalam saat ini saya kok sepertinya lebih kelihatan (kelihatan belum tentu sebetulnya) lebih bijaksana (ehm). Saya berpikir gimana saya bisa maksimal mengikuti pelathihan ini kalau saya duduk di belakang. Mungkin orang lain bisa kali ya, soalnya mereka emang pinter-pinter. Tapi untuk saya sepertinya susah deh. Apalagi saya adalah orang yang awam dalam hal
ini.

Trus, ini nih yang bikin saya (mungkin juga yang lain) rada gak ngeh. Gak di DPR, instansi, dimana aja budaya ngaret tetap saja ! Sejak saya datang disini, duduk di bangku ini, sampai saya menulis sebanyak ini belum ada tanda-tanda acara mau di mulai. Sampai kepikiran, ini acara jadi gak sih ? satu setengah jam belum mulai juga ? ini mah bukan telat lagi tapi "molos" (molornya kayak mbolos). Saya mo protes, protes pada siapa ?

Apa saya harus ngikut kata iklan "Kalo yang lain pada ngaret ngapain harus ontime ?". Ah, malu saya sama Allah. Apa gunanya sholat ontime ?

No comments: