12/01/2005

Belajar Nyetir

Sudah beberapa hari ini saya belajar mengendarai mobil, alhamdulillah mimpi saya waktu masih SMP, SMA, bahkan di bangku kuliah sekarang sudah terwujud. Dulu melihat orang-orang nyetir mobil saya jadi pengen, tapi gimana mungkin emangnya saya mo nyetir mobilnya siapa ? naik mobil numpang aja jarang paling juga angkot, apalagi nyetir... mimpi aja kali ?!

Ya begitulah dulu pikiran saya waktu SMP, SMA bahkan semasa kuliah. Bahkan jujur, saya sekarang masih merasa bermimpi saja kalo lagi berada di belakang roda setir. Suatu hal yang saya pikir gak mungkin, tapi sekarang Allah memungkinkan bagi saya. Bahkan barusan saja saya sudah bawa sendiri (tanpa teman lagi) dari kota ini ke kota sebelah.

Kalo di itung-itung dari pertama saya megang setir sampe sekarang bisa dibilang itungan hari. Kata suhu setir saya, katanya saya termasuk cepat juga belajar nyetirnya. Mungkin karena saya ngebet banget untuk bisa kali ya ?

Hari pertama, kedua dan ketiga belajar, saya belajar di jalan jalur searah yang jarang banget dilewati oleh kendaraan bermotor. Disana saya belajar ganti persneling, belok ke jalan jalur sebelahnya. Berhenti parkir kemudian mundur ngikutin pinggir trotoar.

Hari ke empat, saya belajar di daerah tanjakan. Berhenti di tanjakan kemudian jalan lagi. Awal-awalnya sih susah untuk tidak mundur. Tapi memang harus ada kebiasaan untuk bisa menstabilkan antara gas dan kopling biar mobil bisa melaju tanpa mundur ditanjakan.

Hari kelima saya udah berani di jalan raya, di keramaian dan tepatnya di jalur macet kota ini. Ternyata emang bener yang dibilang orang-orang, kalo di jalan macet bikin kaki pegel. Kudu sering-sering nginjak kopling, rem ama gas.

Hari ke enam, saya diajak untuk tur jarak jauh sekitar 30 km. Dari kota ini ke tempat penyebrangan. Yang jaraknya lumayan jauh dan jalannya berliku, banyak angkot, bis dan truk yang sering jadi raja kalo di jalanan.

Hari ketujuh, saya berkendara di jalan pedesaan yang sempit. Jalannya menanjak, berbelok dan banyak lobang. Hebat ! yang hebat banget jalannya, seperti off road aja, ya walopun gak off road banget. Tapi bikin bodi mobil kecipratan lumpur dimana-mana. Tapi memang pengalaman yang ke pedesaan yang berbukit itu membuat saya jadi ingat kampung halaman. Tanjakan, belokan bahkan lumpurnya sama persis dengan tempat kelahiran saya.

Hari ke delapan, saya beranikan diri untuk ujian dapetin SIM. Ternyata ujian SIM itu susah ya. Walopun teori saya hasilnya sangat memuaskan, ternyata saya tidak lulus dalam praktek. Saya rencanaya ambil SIM C ama SIM A yang prosedurnya gak rumit-rumit amat. Yang rumitnya pada waktu ujian praktek, baik SIM C dan SIM A saya gak lulus. SIM C saya gak berhasil menyelesaikan track tanpa turun kaki. Sedangkan ujian SIM A saya nabrak pembatas yang sudah ditentukan diwaktu mundur melewati pembatas yang sempit. Ah, susah juga ternyata.

Sebenarnya saya pengen ngelanjutin ujian prakteknya minggu depan, tapi kata yang kasih duit ( direktur bo ! ) udah ambil yang cepet aja. Akhirnya saya ditawarkan oleh pak polisi yang baik hati untuk nembak SIM aja. Walhasil saya harus nambah 300 ribu lagi untuk mendapatkan kedua SIM itu. Terus terang saya gak enak banget dapetin SIM dengan cara begini. Gak ada kebanggaan, bagi saya bukan masalah duit atau masalah cepat atau lambatnya dapetin SIM nya. Tapi masalahnya adalah kemampuan saya untuk berkendara.

Akhirnya saya harus mempercepat proses pengambilan SIM tersebut setelah direktur saya bolak-balik nanyain udah selesai apa belum. Dan dalam waktu singkat setelah di jepret dua buah Surat Izin Mengemudi berada di tangan saya. Ya Alhamdulillah, walopun saya nembak tapi saya puas udah nyoba ujian SIM itu kayak apa. Suatu saat nanti saya harus mencoba ujian lagi walopun dengan cara sendiri saja, seperti layaknya yang bapak-bapak polisi tadi kasih sama saya. Malu saya sama Allah dapatin SIM kayak begini.

1 comment:

tomfreakz said...

walah mas 300 ribu lagi??
mahal amat yak