9/01/2005

Selamat ngeblog !

Wah, saya senang... sungguh, saya senang. Melihat beberapa teman terdekat saya getol banget mainin blog. Ah, sungguh sebuah kemajuan pesat. Masih jelas dalam ingatan saya, bagaimana dulu saya sendirian yang terkadang cuma ditemenin oleh teman yang lain yang mungkin saat ini dia sudah meninggalkan dunia blog. Kami bermain, mencoba berbagai macam formula blogging. Dari yang namanaya Blogger, Blogdrive, Modblog, sampai pada MT, WordPress, Greymaker dan semacamnya.

Namun pada sebenarnya saya tidak menfokuskan pada formula apa yang saya pakai dalam blogging. Saya lebih menitik beratkan pada content, isi yang saya angkat ke permukaan lembar blog yang saya punya. Sehebat dan secanggih apapun formula yang saya gunakan, tapi pada kenyataannya content yang saya hadirkan jarang terupdate atau mungkin juga terkadang masih menggunakan bahasa ABG ( Anak Baru ngebloG ) sama aja gak match.

Saya pernah mengunakan bermacam model blog, namun pada akhirnya hati saya tetap gak mau beralih dari blogger. Banyak faktor yang membuat saya jatuh hati sama blogger, salah satunya saya tidak punya hosting yang benar-benar legal untuk saya. Bukan hosting illegal yang sering ditawarkan oleh teman-teman saya. Ya, mungkin suatu saat saya beli sendiri hosting yang benar-benar dari keringat saya sendiri. Ah, mudah-mudahan.

Selain itu saya memang udah keikat banyak sama blogger. Segala macam cerita saya sudah tergores banyak disana. Bayangkan saja sampai saat ini saya sudah menggores 447 postingan pada bagian utama dan postingan ini urutan ke 448. Bagaimana saya akan me ekspornya pada blog yang lain ? sedangkan setahu saya blogger masih belum punya fasilitas backup. Sayang kan kalo saya harus berpidah ladang.

Blogger bagi saya punya sejuta kenangan. Banyak cerita yang membuat saya tersenyum jika saya baca lagi apa-apa yang pernah saya posting. Ah, sungguh sebuah kenangan dan cerita yang tak kan pernah bisa dibuat-buat. Seperti apa kondisi saya, psikologi saya, gaya tulisan saya bahkan makna-makna yang saya dapat itu takkan pernah bisa datang begitu saja. Saya bisa melihat bagaiamana urutan kedewasaan saya dalam berpikir, bertindak bahkan kedewasaan menulis.

Semoga catatan sebuah pelayaran ini bisa saya jadikan sebuah buku yang bisa dinikmati dan diambil manfaatnya bagi orang lain, amin ! dan mudah-mudahan bagi teman-teman saya yang sedang semangat ber blog ria, harapan saya semoga itu bukan hanya trend sesaat yang pernah dilontarkan oleh Roy Suryo dan banyak dihujat oleh para bloggerian di Indonesia. Semoga menulis blog memang benar-benar menjadi sebuah kebutuhan walopun tidak akan dibaca orang lain. Semoga blog bukan dijadikan sebagai ajang keren-kerenan tampilan, show kepintaran menulis dan lain sebagainya.

Jangan tanyakan siapa yang membaca, bagaimana komentar mereka dan berbagai macam hal yang senada. Jadikan Blog adalah ungkapan kejujuran dan keikhlasan dengan tujuan bisa diambil manfaat bagi orang-orang. Selamat ngeblog !

No comments: