6/20/2004

hidup pas-pasan

Pernah seseorang bilang padaku bahwasanya, hidup paling enak itu adalah hidup pas-pasan. lho ?! nah ya, mungkin jawaban yang sama kamu lontarkan sewaktu membaca tulisan tadi. Dulu aku juga menjawabnya seperti itu, kita awalnya sih ngobrol santai trus di penutup obrolan dia bilang ... hidup paling enak adalah hidup pas-pasan, jadi berusahalah untuk hidup seperti itu.

Awalnya sih aku bingung, kenapa mesti pas-pasan ? bukannya kebanyakan orang pingin hidupnya lebih baik, atau setidaknya orang pingin kaya misalnya. Lama aku temukan jawaban dari pertanyaan ku sendiri. Pinter juga tuh orang menjadikan statement nya dipikir bolak balik sampe lama banget matang nya. Sebenarnya obrolan kami sudah lama dan jawaban yang kutemukan sekitar 3 hari setelah obrolan itu. So intinya jawaban tersebut udah aku dapatkan udah lama juga, cuma kemaren aku kembali teringat dengan prinsip orang itu yang saat ini aku juga secara tidak langsung jadi penganut prinsip tersebut.

Mungkin pada bingung kali ya, kenapa kok pas-pasan. Sebelum aku lontarkan alasannya kenapa, ada baiknya aku ceritakan sedikit sebuah pengalaman pribadi yang bisa jadi ini adalah beban terbesarku disaat kemaren-kemaren.
Februari 2004 kemaren ini aku pulang kampung. Sewaktu di kampung, yang namanya anak kalo merantau untuk kuliah dan saat ini sudah waktunya melaporkan hasil studinya berupa undangan wisuda, tentunya keluargaku mulai bertanya-tanya "kapan kamu lulus". Bukan aku saja, setiap sodara, teman, kerabat, kenalan bahkan yang masih kecil pun nada pertanyaannya sama. Dan kamu tau apa jawaban nya ? smile ! yeah just smile, senyum simpul karena gak tau harus menjawab apa.

Sesampainya di Malang pun aku belum juga menemukan jawaban kapan aku lulus, kapan aku skripsi. Karena badai hidup sebenarnya mulai datang beruntun. Tapi walopun badai itu datangnya bertubi-tubi disanalah awal dari jawaban pertanyaan prinsip pas-pasan tadi. Setelah di pecat tanpa kejelasan apapun dari pekerjaan operator warnet, mulai lah aku menjadi gelandangan kampus sejati. Inilah awal prinsip pas-pasan tersebut. kok bisa ? ini dia,
pas disaat aku membutuhkan kerja setelah pemecatan tanpa kejelasan itu sahabat karibku semuanya berusaha mencari kan link untukku. Bukan satu atau dua orang tetapi buanyak. Dan pas juga saat itu temanku juga membutuhkan skill ku di perusahaan dia, akhirnya aku diputuskan untuk diterima di perusahaannya menjadi seorang webdesigner. So ? pas lagi nganggur ada yang nawarin pekerjaan.

Bukan itu saja, masih banyak yang lain. Tapi salah satu nya yang membuat aku semakin yakin dengan hidup pas-pasan ini adalah kemaren. Pas aku lagi bingung mencari judul untuk skripsi, tiba-tiba temanku bilang ada dosen yang menawarkan judul. Nah pas bingung mo ngambil judul dari 5 judul yang ditawarkan ternyata dosen tersebut bilang 3 judul diantara 2 judul tersebut dikerjakan bareng dalam satu tim pas juga aku bareng 2 temanku menghadap ke dosen tersebut. Pas lagi hara-harap cemas dengan judul yang ditawarkan ternyata temanku sudah ada pembahasan di lomba karya ilmiahnya dia tentang salah satu judul dari tiga yang ditawarkan itu. So kurang apalagi ? sistemnya sama, dikerjakan bareng cuma beda plannya aja.

Pas lagi bingung bikin proposalnya seperti apa ternyata salah seorang temanku skripsinya gak jauh beda dengan apa yang kami bahas, so tinggal pelajari aja skripsinya dan copy paste gak usah capek-capek lagi untuk studi pustaka membuat proposal.
Pas bingung dengan media transmisi yang akan kita gunakan, waktu itu juga dosen pembimbing yang memberikan judul menawarkan media transmisi yang cukup gampang. Nah ? hal kecil nya lagi, pas mo ngeprint proposal ? ada printer dan kertas yang tersedia.

Beberapa hal sudah dilewati dengan pas-pasan lagi, namun mungkin belum lengkap dengan diterima atau tidaknya proposal skripsi ku itu. Pas lagi cemas-cemasnya diterima apa tidaknya proposal tersebut karena kita gak yakin bakal diterima berhubung judul yang kita sodorkan kayaknya terlalu sederhana, ee gak tau nya dosen pembimbing ku udah menjamin. Tapi walopun demikian kami masih saja belom yakin sepenuhnya diterima.

Nah saat nya sekarang maju ke ketua kelompok dosen keahlian ( KKDK ), katanya sih yang maju proposal di bantai dulu ama pertanyaan ini itu. Dan bukan hal yang luar biasa kalo banyak proposal yang ditolak. Buktinya temenku kemaren proposal temenku sebelum ini ditolak, padahal sistemnya udah canggih tuh. Keder juga nih !
Pas mo maju gitu, ternyata itu bapak yang menjabat KKDK butuh koneksi internet ke komputernya. Nah ! ini dia, cepat udah otakku berputar menjadi 1500 rps ! kami pun ngatur strategi. Berhubung dia minta tolong sama teman satu tim ku di skripsi ini, aku pun sukarela dong bantuin. Ya jelas lah ini kan peluang, sekali lagi peluang. Demi skripsi lancar bo ! walopun temanku sebelumnya sudah diterima proposalnya tinggal aku saja yang belum

Strateginya, aku ikut membantu pemasangan jaringan ke komputer bapak tersebut. Semangat 45 dah beresin tuh koneksi. Mulai dari cramping cabel ke konektor, ngecek connect apa gak nya. Naik tangga pasang kabel ke ruang sebelahnya sampai semuanya selesai aku ikut bantuin. Untung saja untuk masalah jaringan sedikit banyaknya aku ngerti. so gak da permasalahan yang berarti. Cuma saja pada saat ngeset lancard nya kita mengalami sedikit permasalahan. Kenapa ? ternyata ethernet card nya dodol sodar-sodara !

Pas lagi bingung gitu, tiba-tiba temanku yang lain datang trus ikutan nimbrung, eh gak taunya di ada solusi permasalahan tersebut. Dia punya ganti nya, so kita pake dah. Setting sana sini ... tuutt konek dah akhirnya, alhamdulillah ! seandainya gak konek tadi tuh ? wuih bisa brabe bin brahab. Internetnya udah bisa di akses dari komputer bapak tersebut, senyum lebarnya terpampang ! sssttt hati-hati lho pak jangan buka situ yang begituan lho ya hehehe ... just kidding ah ! gimana sih.

Nah sekarang saatnya "It's show time !" Pas mo pamit gitu, aku langsung sodorkan proposal. hehe ini dia ujung nya men !
Bapaknya pun senyam senyum doang sambil bolak balik tuh proposal. Tau gak ? itu proposal gak ditanyain blas... bener ! aku pun jadi sungkan. Daripada gak ngomong sama sekali akhirnya aku jelaskan sedikit tentang apa yang benar-benar aku ngerti dari proposal tersebut.
Akhir kata ... bapak itu bilang "ya sudah proposalnya diterima, transkripnya dibawa gak ?" dia tersenyum lagi. Yes ! aku teriak dalam hati, ya Allah terima kasih bangetttt atas pertolongan mu ini betapa beruntungnya aku jadi seorang makhluk lemah ciptaan mu ini.

aku bahagia menjadi orang yang pas-pasan, karena kaya dengan duit pun aku belum tentu kekayaan itu untuk diriku... biarlah kekayaan duit itu untuk orang yang lebih membutuhkan. Aku cukup hidup dengan pas-pasan saja ! terima kasih ya Allah engkau tunjukkan sesuatu yang sangat berharga dalam memandang hidup ini. berjuta sujud syukur pun aku rasa masih belum cukup untuk membalas pas-pasan yang kau berikan selama ini, alhamdulillah ya Allah

No comments: