7/08/2005

Sekarang Hari Jum'at

Waktu saya masih pake celana pendek berwarna merah, hari jum'at adalah hari yang ditunggu-tunggu. Kenapa ? karena pulang sekolahnya cepet. Waktu istirahat 1 kali trus abis itu pulang. Uang jajan yang dikasih sama orang tua tetap tidak berdasarkan berapa lama waktu belajar, jadi kalo hari Jum'at uang jajan saya selalu berlebih. Pelajaran di sekolahpun biasanya yang ringan-ringan. Keterampilan tangan, Olah raga dan jangan sampai ada IPA atau Matematika. Pelajaran itu cukup untuk hari Senin atau Selasa.

Yang paling menyenangkan lagi kalau hari Jum'at itu, bunda selalu masak yang sedikit berbeda dan mengundang selera. Saya bertanya sama Ayah kenapa Bunda gak ikutan jumatan ? Ayah sering menjawab Bunda jumatannya di Dapur. Walopun saya tau itu bukan jawaban sebenarnya tetapi ada juga benarnya. Rasulullah sehabis jumatan suka mengajak sahabatnya untuk makan bareng. Jadi saya pikir Ayahpun juga pengen berbuat demikian. Dan kenyataannya memang begitu, setiap selesai jumatan ada saja yang makan bareng di rumah. Entah itu paman, tetangga, teman lama. Bahkan ada yang langganan sekedar minum kopi di rumah. Kemudian dilanjutkan ngobrol sampai jam 2 siang kemudian mereka pulang.

Waktu saya pake celana pendek berwarna biru. Hari jum'at adalah hari terburu-buru. Karena sekolah saya jauh dari rumah. Mesti naik angkutan atau numpang kendaraan teman. Pulang sekolah jam 11.30, azan pertama jam 12.00. Di tempat saya ada dua kali azan kalo jumatan. Azan pertama fungsinya untuk bersiap-siap. kira-kira 15 menit lagi Khotbah dimulai. Azan kedua baru azan yang sebenarnya.
Nah karena saya menempuh jauh perjalan pulang dari sekolah, seringkali saya terlambat. Namun alhamdulillah belum pernah sampai jamaah sudah salam saya baru sampai. Paling lama tuh saya dapat khotbah kedua, itu sudah sangat lama sekali. Biasanya saya dapati pertengahan khotbah pertama. Dan tentunya di shaf belakang yang ala kadarnya

Karena jauh dan selalu terburu-buru saya Jumatan jadi tidak pernah mandi. Pake baju sekolah plus sarung saja. Bau badan yang tak karu-karuan tentu saja mengganggu jamaah yang lain.

Waktu saya pake celana panjang abu-abu, Saya jarang sekali menikmati acara makan bareng setelah jumatan. Karena sorenya harus mengikuti pelajaran tambahan, jadi terpaksa jumatan di sekolah. Bisa sih pulang, cuma karena saya tidak punya kendaraan... takut terlambat, jadi ya saya jumatan di sekolah. Kalo jumatan di sekolah, setelah makan dan jumatan kegiatan yang paling sering dilakukan adalah maen basket ato domino. Kalo lagi rame kita maen basket, tapi kalo cuma 4 orang ya kita main domino.

Waktu saya pake pakaian bebas, berambut panjang dan ke kampus sering pake sendal. Hari Jum'at adalah hari libur nasional. Jangan sampai ada kuliah di hari Jum'at, apalagi Jum'at siang setelah jumatan. Adalah haram hukumnya untuk mengambil jadwal mata kuliah pada Jumat siang. Kalo ada dosen yang merubah jadwal kuliahnya ke Jum'at Siang, alamat kosong tuh kuliahnya. Dan berusaha bagaimanapun caranya agar bisa di pindah ke hari yang lain. Sabtu pagi kek atau kamis pagi.

Bagi saya sendiri Jum'at siang adalah garis merah yang tidak boleh disentuh oleh jadwal kuliah. Begitu juga dengan hari Senin tepatnya Senin pagi. Tidak pernah saya isi dengan perkuliahan. Kalopun ada saya pindah cari jadwal di hari yang lain yang leih menyenangkan.

Saat sekarang, hari Jum'at adalah hari yang dimulai dengan kencan mingguan sehabis subuh. Jadwal rutin motong kuku dan rambut dan dilanjutkan dengan mandi bersiap-siap untuk berangkat ke Masjid. Selesai jumatan adalah waktu tempat bertemu informalnya para aktifis dakwah. Seperti sudah saling janjian, duduk berbarengan bersama-sama saling menyapa dan berdiskusi tentang apa saja. Karena tidak selalu bisa berkumpul bersama, kecuali pada ba'da sholat Jum'at. Dan itu adalah momen yang sering ditunggu-tunggu. Yang dak kenal jadi kenal. Yang udah lama gak ketemu jadi ketemu. Ya itung-itung jadi ajang silaturahim singkat.

No comments: