7/29/2004

Missed Call apa Call Missed ? ah, terserah yang jelas Pesan Sekejap !

Missed Call ... ya, istilah yang saat ini udah gak asing lagi aku dengar. Semenjak yang namanya kotak kecil itu aku kenal, aku pun tahu istilah tersebut yang pada waktu itu aku sendiri gak jelas sama sekali artinya apa. Yang aku tau waktu itu cuma kotak kecil menjerit beberapa saat kemudian diam, dan gak tau itu maksudnya apa. Awalnya sering kali aku jadi sedikit kecewa, kenapa ? disaat lagi sibuk atau apa ... tiba-tiba ada panggilan dan di saat akan menjawab panggilan itu terputus. 2 pekerjaan yang gak jalan satu pun dalam saat yang sama. Satu pekerjaan sebelumnya yang dihentikan untuk menjawab panggilan dari kotak kecil, kemudian akan melakukan pembicaraan tiba-tiba panggilan dihentikan.

Saking seringnya itu terjadi, aku malah jadi cuek sendiri ama panggilan yang datang. Sebelum sekian kali tones berulang-ulang, takkan kusambung dengan mulut ini untuk bicara. biarin aja, ntar juga ketahuan yang mana yang panggilan sekejap atau mana yang panggilan butuh jawaban. Begitulah seterus nya ... aku gak perduli sama sekali kenapa kok mau-mau nya pencet nomor trus udah berdering disebelah sana beberapa kali, dimatikan. Ya aku sih gak masalah ... mau bolak balik sampe panas tuh kuping buat panggilan sekejap ... paling aku cuma diem sambil gak ngelirik sama sekali ke kotak kecil. Sampe-sampe temenku pernah bilang ... "woi telpon woi... lu budek yah ?"
"tungguin aja ntar lagi diem sendiri" begitu jawabku kayak gak denger apa-apa.
Atau lebih parahnya lagi malah aku matiin bunyinya biar gak gangguin yang lagi tidur, yang lagi nonton, yang lagi bengong ... kasian kan kalo bengongnya jadi buyar cuma gara-gara panggilan sekejap.

Hingga suatu malam ( eh dini hari ding ) aku lagi duduk sendirian, seperti biasanya ... bangun tidur, selesai makan, disamping secangkir capucino panas aku duduk di bersila diatas bangku ( maap bukan mo bertapa ). Aku selipkan kain sarung yang aku pake lebih kenceng biar gak terlalu kerasa dingin yang terbawa oleh angin. Sayup-sayup ayat suci mengalun dari speaker 12 inchi ... pelan sih, tapi kalo lagi sendiri... sunyi gak ada siapa-siapa, suara berbisik pun terdengar begitu jelas. Dan aku lagi menyimak beberapa ayat yang sedang terdengar oleh kuping ku. Sedang menikmati ... tiba-tiba aku merasakan sebuah kerinduan, ya ... entah kenapa ? kok aku kangen nya datang tiba-tiba... Kata orang-orang yang pernah merasakan kangen atau malah lebih parah dariku... itu sih wajar, begitu kata mereka. Tapi aku menganggapnya ini lebih dari sekedar wajar, kenapa ? karena disaat aku merasakan kangen yang memuncak itu ... tiba-tiba kotak kecilku menjerit beberapa saat dan aku langsung tekan "terima" tanpa melihat siapa yang memiliki panggilan itu, namun tiba-tiba kembali itu hanya panggilan sekejap. Aku ingin tau siapa yang memanggilku pagi-pagi gini ? Dan ... sungguh aku tersentak, kaget, senang, kecewa atau apa sajalah bercampur menjadi satu... aku pengen tertawa tapi bagimana, mulutku terikat seperti orang kaget. Aku ingin berteriak pun mataku melotot seperti gak percaya.
Dia, dia lah sosok yang barusan mengitari lingkaran kerinduanku ... dia lah sosok yang beberapa saat mengisi ruang dalam benakku seperti hal nya seteguk capucino yang melewati kerongkonganku. Ya, dia... sekali lagi dia !
Apakah kebetulan atau memang sudah aturan ... aku gak peduli. Aku lebih terfokus pada sebuah makna, pada sebuah arti yang selama ini aku anggap " apa sih ? ".

Inikah ... secuil makna dari sekian juta arti dari pesan sekejap dari kotak kecil ini ? Ah ... betapa bodohnya aku selama ini... melewati berjuta-juta pesan yang tersirat dari nada yang berdentang kemudian diam ... berulang-ulang...
Hmm... aku kirimkan juga ah ! tebarkan pesan sekejap ke semua yang ada di phone book ini, semoga mereka juga mengalami kebahagiaan yang sama denganku saat ini.

No comments: