2/15/2005

Friendster Berulah !

tepat jam 17.49 tadi friendster berulah lagi. Dan kali ini gak tanggung-tanggung ! semua list friends alias network hilang, dan hanya disisain 1 friend saja. Begitu juga secara otomatis bulletin board dari network friends juga terhapus dengan sendirinya.

Berselang 1 jam tepatnya 18.31 semua list friendster hilang, yang tadi nya masih tersisa 1 koneksi sekarang tidak ada sama sekali. Dari pantauan yang saya lakukan, awalnya yang kena "delete" list itu cuma pada friendster yang saya login saat itu. Tetapi ternyata tidak, saya coba masuk ke login user yang lain juga mengalami hal yang sama.

Empat ratus enam puluh enam (466) friends pada list saya hilang tanpa bekas. Yang bersisa cuma message pribadi mereka saja. Dari pengamatan saya sebagai orang yang awam tentang programing atau semacam web gitu, sepertinya ada kesalahan teknis yang dilakukan oleh pihak friendster. Setelah beberapa bulan ini tepatnya lebih kurang 2 bulan terakhir, friendster jarang atau bahkan tidak pernah melakukan maintenence lagi. Padahal dulu waktu masih versi beta, setiap kamis, dan jum'at jam 11.00 - 13.00 mereka melakukan maintenence rutin. Dimana kita sebagai user tidak bisa mengakses sama sekali halaman login ataupun halamn yang disediakan untuk user.

Entah apa penyebabnya setelah versi beta bergeser ke alfa, mereka tidak melakukan maintenence lagi. Sempat dulu terpikiroleh saya, dengan melayani user yang jumlah udah jutaan tanpa maintenence rutin, untuk backup system, data atau setidaknya refresh system apakah tidak terlalu beresiko ? ya seperti yang terjadi saat ini.

Ah.. terlalu pusing lah saya ikutan memikirkan systemnya. Padahal ilmu dan pengetahuan saya akan hal itu nol putul. Cuma bisa berpendapat begini dan begitu saja. Ya mudah-mudahan pengelola friendster bisa cepat menangani semua ini. Tapi ada juga sedikit pikiran usil saya, apakah ini adalah salah satu trik dari friendster untuk beralih pada versi bayar ? hm... mungkin saja. Tapi ya kita lihat dulu, jangan terlalu berpikiran usil.

Sekarang sekian juta pengguna friendster merasa kehilangan. Dan saya yakin ada yang sedikit stress, kenapa ? karena tidak sedikit yang sudah keranjingan friendster. Istilahnya dari beberapa user fanatik ... friendster is my style, is my life, bahkan is my love !
Kalo dilihat dengan cermat, memang sangat disayangkan. Berapa juta orang yang kembali terhubung silaturahminya dengan kerabat, sahabat, saudara bahkan orang tua mereka melalui friendster. Bayangkan jika semua itu hilang, tanpa bekas ... so apa yang akan kita lakukan ?

Bagi saya pribadi, kehilangan list friend 466 bukanlah suatu masalah yang besar. Karena alhamdulillah saya sempat mem backup sebagian besar alamat email mereka. So kalopun tak ada friendster, email pun jadi. Bagaimana dengan anda ?

1 comment:

Anonymous said...

iya,iya btull...
fs juga gitu..
stresss berrrratttt!!!!
jd gmn dunkz??
bakal ada tindakan dari pihak fs gk??