2/27/2005

Tetap Istiqomah

Dah satu minggu lebih gak ikutan nulis di delonix, jadi ngerasa ada yang kurang dan kangen juga. Tapi tadi kok tiba-tiba apa yang terlintas dalam benakku kok ilang ya ? apa setelah membaca postingannya dendi. Saya melihat ada penurunan semangat dari teman-teman untuk tetap eksis berjalan dengan gagah membawa bendera SMU 2 Payakumbuh di medan laga dunia maya.

Tapi sebelum kita lanjut saya mohon maaf dulu, karena tanpa basa basi saya langsung bertutur kata kehilangan ide. Kita tau yang telah admin lakukan sudah lebih dari apa yang diharapkan. Jujur saja saya sendri yang juga bergelut dibidang yang sama belum bisa mewujudkan website yang sebagus ini. Dengan kehadiran delonix sebagai sebuah cita-cita yang terwujud melalui teman-teman yang berjuang dengan tanpa modal menggugah semangat saya yang dulu sempat memudar. Tak cukup sekedar ungkapan yang terlontar dari hati dan mulut maupun dalam bentuk tulisan untuk menghaturkan terimakasih kepada mereka yang telah mewujudkan semua ini.

Dengan hadirnya website ini saya bisa mengetahui bagaimana perkembangan SMU 2 dan alumninya. Saya pun bisa menjalin tali silaturahmi dengan orang-orang yang pernah singgah di hari-hari saya waktu SMU dulu. Jelas, saya begitu rindu ! Nostalgia-nostalga yang bukan sekedar cerita.

Sedikit banyaknya saya tau betapa lelahnya membangun sebuah website apalagi website seperti ini. Tapi apakah kelelahan itu tercipta dengan sia-sia ? jawabanya adalah tidak ! sangat naif kalo ada yang menganggap hadirnya website ini adalah sia-sia.

Berangkat dari sedikitnya alumni yang berpartisipas di website ini, saya rasa bukanlah bahan yang tepat untuk menghadirkan rasa kecewa. Ini adalah tantangan ! tantangan itu adalah peluang ! tergantung bagaimana kita menykapinya. Masih ingat film Microsoft VS Apple ? betapa seorang billgates yang programnya gak laku-laku dipasaran, tetapi saudaranya menduplikasikan programnya ke aplikasi yang dibikin sendiri kemudian dijual dengan klaim ciptaannya hingga sangat laku dipasaran . Kecewa memang billgate, namun apakah dia berhenti begitu saja ? tidak !

Dia (billgates -red) punya semangat, tetap konsisten. Kalo di Islam bilang "tetap istiqomah". Yang akhirnya dia bisa mengalahkan rating penjualan OS Apple di pasar komputer dunia, bahkan sekarang menjadi orang terkaya di dunia.
Nah, billgates yang notabenenya bukan seorang muslim, gak ngerti sama sekali ama yang namanya istiqomah yang sering kita teriakkan itu mampu berbuat demikian. Apalagi kita yang ... udah sering banget bilang "tetap istiqomah ya !".

Come on man ! jangan anggap ini adalah hal yang kecil. Ingat ! kita saat ini sedang membangun sebuah istana yang besar. Membangun istana yang besar dimulai dari hal yang kecil, gak mungkin kan kalo ini website hadir langsung dikunjungi oleh banyak orang yang berbeda. Didukung oleh alumni yang tersebar dimana-mana. Tunjukkan kalo kita memang bisa, dengan tetap konsistensi, kreasi dan inovasi.

Sebuah istana, dipikirkan oleh orang-orang cerdas, dibangun oleh orang-orang pekerja keras dan dilakukan dengan hati yang ikhlas. Tak ada yang sia-sia, sabar dan teruslah berusaha. Satu orang saja bisa menklukkan dunia, apalagi kita yang sudah sekian banyak jumlahnya.

Pada saatnya nanti jika istana itu sudah megah Allah SWT dan semua orang akan tau siapa yang meletakkan batu pertama, siapa saja yang istiqomah. Belum saatnya kita kecewa, karena kehadiran website ini bukanlah sia-sia.

# tulisan ini bertujuan sebagai perenungan terutama untuk diri saya pribadi, maaf sekiranya ada kata-kata yang tak berkenan

Wallahualam bis shawab

No comments: