3/10/2004

genderang perang

Beneran dah ! kita dibikin pusing tujuh setengah keliling ama KPU pusat dan pihak kepolisian resort Malang. Konsep awal yang udah di tata rapi terpaksa diundur. Awalnya, tepatnya sebulan terakhir ini kita udah syuro marathon setiap hari merancang gimana kampanya PKS (Partai Keadilan Sejahtera -red) tampil simpatik dan tepatnya sesuai temanya kali ini Bersih dan Peduli. Banyak sudah kegiatan, pertimbangan serta keputusan yang kita hasilkan untuk persiapan kampanye kota Malang ini. Mulai dari jadwal, bentuk kegiatan dan hal lain pendukungnya... e gak taunya cuma gara-gara jadwal kampanye nasional untuk Malang ternyata baru dikasih tau minggu malam kemaren yang tepatnya tanggal 1 April besok ini, trus dari pihak kepolisian juga tidak memperbolehkan kampanye dalam bentuk konvoi. So itu artinya ? semua konsep dirombak total... iya di rombak total ! dan itu di kasih estimasi waktu cuma satu malam ! gila.

Kenapa kok gila ? lha iya orang konsentrasi besar-besaran kampanye nanti tuh kan di konvoi tersebut. Banyak kegiatan unik yang bakal kita tampilkan. Seperti kerja bakti, pembagian bunga, direct selling, aksi bersih kota dan banyak lagi ... gak mungkin dong aku tarok disini satu persatu. Ntar kader partai lain ngeliat pada nyontek lagi, sorry la yaw.
Tadi malam syuro paling lama dan paling melelahkan, mulai setengah sembilan selesai setengah dua. Alhamdulillah kondisiku udah mulai fit lagi, gak kayak kemaren udah mulai gak enak badan gitu. Syukur banget aku masih dikasih kesempatan untuk sehat walopun tenaga lumayan terforsir juga.

Kalo berbicara tentang konvoi yang kita lakukan sebenarnya ada perbedaan penafsiran dari pihak kepolisian. Mereka menganggap setiap konvoi itu adalah show of force dengan arak-arakkan kendaraan yang nantinya bisa membikin rusuh atau setidaknya membikin ketidaknyawaman warga kota. Tapi dalam konsep kita tuh beda, titik tolak kita bukan show of force tapi show of care, show of ablution. Tapi ya mereka mana tau ? walopun dikasih tau berulang-ulang tetep aja yang namanya konvoi itu sama aja. Ya disanalah salahnya strategi kita, gak memperhitungkan terlebih dahulu gimana respon dari kepolisian yang notabenenya pihak yang bakal ngasih ijin untuk kampanye. Orang bicara konvoi kita juga membicarakan konvoi walopun konteks nya berbeda. Lha orang denger konvoi kan udah penafsiran umum yang terlebih dahulu terlintas dipikiran mereka masing-masing.

Problem yang datangnya dari pihak KPU pusat, jadwal kampanye nasional di floorkan ke kita telat banget. Orang di KPU daerah udah nentuin jadwal kampanye lokal tanggal 14, 18 maret ama 1 april udah seminggu yang lewat. Si KPU pusat baru ngasih info kalo kampanye Nasional jatahnya kota Malang tanggal 1 April baru minggu malam kemaren. So jadi bentrok kan ama kampanye lokalnya kita, mana pak Dr. HM. Hidayat Nur Wahid bakal datang sekalian pas tanggal 1 April tersebut. Masih berhubungan dengan jadwal kedatangan pak Wahid ini, kita di uber juga bikin jadwal dia di Malang nanti. Ngejar lagi bikin jadwalnya mulai dari kedatangan sampai keberangkatan balik nantinya. Baru aja kelar nge fax jadwal tersebut ke DPP, masih ada juga yang kurang... apa coba ? anggaran biaya detail untuk acara kampanye Nasional tersebut. Begh ! ini kok datengnya beruntun banget ?! mana konsep kampanye pertama tanggal 14 ini kudu dirombak belom selesai tepatnya malah belum di godok yang anggaran ini datang lagi.

Akhirnya kita fokuskan dulu ama acara tanggal 14 nanti. Rencana aksi peduli (konvoi) besar-besaran se kota malang kita rombak lagi kemudian dirobahmenjadi aksi peduli disetiap DPC (Dewan Perwakilan Cabang -red). Setiap DPC dihubungi lagi satu persatu jam 1/2 12 malam. Untung mereka belum pada tepar, kalo dah tepar dan dah masuk ke dunia peraduan kita bisa apa ? manyun ?! Alhamdulillah banget hari ini ada pertemuan antar DPC bersama DPD di mesjid Usman Bin Affan ba'da zuhur nanti. Tapi kayaknya aku gak bisa ikutan deh, soalnya ini badan nge fit nya udah kurang banget. Nanti malam kita juga syuro lanjutan untuk membahas konsep tanggal 14 dan 18 nanti. Mudah-mudahan konsep yang semalaman kita utak atik bisa diterima dan direalisasikan oleh pihak DPC. Soalnya kemungkinan terburuknya nanti tuh, karena waktu yang sangat mepet pihak DPC cuma mampu mengadakan konvoi aja, nah itu kan gak beda ama partai lain. So dimana aksi pedulinya PKS dong ?

Dengan waktu yang ada dan sangat singkat ini kita harapkan mampu berikan yang terbaik, apapun itu namanya yang jelas aksi bersih dan peduli ini tetap jalan. Kampanye harus tetap jalan dan tidak melenceng dari koridor awal yang sudah ditetapkan. Seperti Ketua DPW bilang lewat sms yang intinya : "Selamat Datang di ladang jihad, hari ini tertanggal 11 Maret genderang perang sudah di tabuh perjuangan masih panjang. Ikhlas kan niat dan yakinlah Allah akan selalu bersama kita ... Allahu Akbar !". Ya Allah semoga engkau meridhoi semua yang kami perjuangkan ini. Engkau yang akan memudahkan jalan, Engkau yang akan memberikan petunjuk, dan Engkau pulalah yang akan memberikan kemenangan. Allahu Akbar...Allahu Akbar...Allahu Akbar !!!

- Dan berperanglah kamu sekalian di jalan Allah, dan ketahuilah sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS: Al Baqarah - 244)
- Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (QS: Al Anfaal - 39 )
- Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman. (QS: At Taubah - 14 )
- Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan, sedang Allah belum mengetahui (dalam kenyataan) orang-orang yang berjihad di antara kamu dan tidak mengambil menjadi teman yang setia selain Allah, RasulNya dan orang-orang yang beriman. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS: At Taubah - 16 )

No comments: