3/14/2004

Kampanye Partai Keadilan Sejahtera

Apa yang terjadi dilapangan kadang memang jauh dari apa yang udah di rancang diatas kertas. Namun setidaknya poin gedenya bisa terwujud, alhamdulillah. Beberapa hari sebelumnya kita syuro marathon membahas persiapan kampanye hari ini (maksudnya tanggal 14 maret). Mulai dari hal yang tetek bengek sampe ke masalah yang ruwet kita bahas habis sampai mendetail walopun terkadang jadi ngalur ngidur dan akhirnya gak sebegitu tuntas. Konsep yang udah matang (mungkin terkesan dimatangkan) itu kita oper ke DPC dan DPRa begitu juga ke PAS (Pemuda Adil Sejahtera -red) dan ke Kepanduan.

Gak ada yang namanya waktu untuk istirahat tenang dan nyenyak sebelum aksi tadi selesai, bahkan selesai pun masih ada evaluasi. Mungkin bukan aku saja, akhi-akhi lain yang juga seperjuangan mengalami nasib yang sama. Baru saja mau memejamkan mata, tersontak kaget mendengar kotak kecil menjerit. Kemudian harus bangun waktu itu juga mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Perhitungan waktu bukan hari tapi adalah detik, setiap detik yang berjalan kita menghitung berapa besar proses yang sudah berjalan.

Kita yang namanya TPK ini cuma beranggotakan 10 orang dan dalam pelaksanaan tadi itu dibagi 2 orang per DPC. Tugas nya ? lah namanya TPK Tim Persiapan Kampanye tentunya kampanye ini tugas sebenarnya, disamping persiapan konsep. Tadi aku kebagian di DPC Kecamatan Sukun. Semalam baru bisa menggelar tubuh di empat kursi berjejer sesudah subuh dan jam tujuh pun dikasih tau kalo berangkat jam 8 tepat. Namun lagi-lagi aku telat, sampai di DPD. Sarapan dulu, karena aku yakin nantinya pasti bakal telat untuk makan siang.

Kita (berdua - aku dan akhi indra) berangkat ke titik pemberangkatan pertama naik angkot. Berdo'a dan berharap semoga konvoi belum berangkat. Sesampainya disana, alhamdulillah masih dalam persiapan keberangkatan. Terdengar gaung sound system menggema membacakan tausyiah konvoi. Kita sempat kaget juga, ternyata peserta konvoi ini banyak banget, alhamdulillah. Bayangkan satu kecamatan Sukun aja 40 kendaraan pickup yang isinya rata-rata 7-10 orang, 1 truk, 7 mobil pribadi, puluhan kendaraan. Belum lagi kecamatan lain yang diberangkatkan juga serentak, tapi tidak diperbolehkan bergabung antara lintas DPC atau kecamatan. Karena kali ini adalah kampanye lokal. kalo seandainya kita bergabung maka kita melanggar ketentuan kampanye yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Baru saja kaki kanan turun dari angkot sudah terdengar suara-suara yang sibuk melakukan koordinasi. Dan kita langsung saja turun tangan ikut membantu. Segepok kertas seukuran brosur yang isinya tata tertib konvoi dan tausyiah konvoi langsung dibagikan kepeserta kampanye kali ini. belum semuanya kebagian kendaraan utama ( truk berisi sound system dan caleg) sudah memulai perjalanan. Sedangkan orang-orang yang berada di pickup yang kepanasan dan kehausan melihat kita adalah bagian dari panitia langsung berteriak "mas... aqua mas, panas, gerah !". Masya allah... iya air mineralnya mana ? aku langsung kembali ke DPC mencari pak syamsul konfirmasi bagaimana dengan air mineral yang mo dibagikan.
Ini permasalahannya, gimana cara membagi air tersebut. Sedangkan kendaraan sudah mulai bergerak, tiba-tiba mataku melihat sebuah dideretan kendaraan yang melaju pelan itu kosong. Muncul seketika ide dan langsung saja aku lontarkan "Akh, gimana kalo airnya di naikin ke atas mobil aja dulu... ntar dijalan kita bagikan pake sepeda motor kesetiap pickup ?". Tanpa pikir panjang lagi yang disana semuanya pada setuju dan mulai rame-rame menggotong kardus air mineral itu ke atas pickup. Ternyata masih kurang, dan aku dan Indra secepatnya membeli sisa air yang masih dibutuhkan. Namun sepeda nya mana ? cari sana sini dulu, akhirnya dapet kita berangkat. Alhamdulillah satu masalah udah teratasi.

Akhwat yang sebelumnya masih bingung keputusan boleh ikut atau tidak ternyata diputuskan boleh ikut, ternyata mereka telah mempersiapkan apa yang sudah kita konsep yaitu nya pembagian bunga kepada masyarakat yang bakal dilalui nanti. ada sekitar 3 pickup yang isinya kahwat semua. Kasian mereka ikut duduk dilantai pickup seperti layaknya ikwan/laki-laki. padahal kita sudah merekomendasikan sebelumnya ke setiap DPC kalo akhwat diikutkan pake kendaraan pribadi atau angkot. Tapi kenyataan yang kita hadapi di Sukun ini ternyata disamakan. Ya mo gimana lagi ? tapi dengan itu juga memudahkan mereka membagikan bunga pada masyarakat nantinya. Makasih ya ukhti... tetap semangat ya !

Seperempat dari rute perjalanan alhamdulillah lancar-lancar saja, permasalahan berikutnya ... ini yang susah untuk mengontrolnya. Karena yang ikut sebagian besar adalah masyarakat kebanyakan bukan kader dari PKS. Pas waktu kita berhenti disana dibagikan air mineral tadi karena gak sempat bagiin satu persatu lewat sepeda motor. Aku dan Indra sibuk juga mengatur jalan membantu kepanduan. Satu persatu sampah mulai kelihatan dimana-mana. Nah ?! ini ... ini yang bikin motto "bersih dan peduli" nya jadi isapan jempol belaka. Tanpa babibu lagi aku dan Indra langsung ngambil kardus bekas air mineral tadi dan mulai lah membungkuk-bungkuk memungut satu persatu sampah yang dibuang begitu saja. Begitu juga semua kader yang hanya tak seberapa itu juga ikutan memungut sampah disana. Aku pikir inilah saatnya kita memberikan sebuah contoh bersih dan peduli itu pada masyarakat setidaknya yang ikut kampanye hari ini yang notabenenya mereka baru mengenal PKS mungkin dalam hitungan beberapa bulan, minggu ataupun hari saja. Tak apalah jika tadi mereka ada yang buang sampah trus pas waktu kita berada disana menunjuk sampah tersebut sambil bilang "Mas, tuh sampahnya". "Oh makasih mas" aku tersenyum *ini dari kemaren senyum mulu ada apa sih ?*

Alhamdulillah akhirnya tempat kita berhenti kembali seperti semula bahkan lebih bersih insya Allah. Dan kita baru berangkat pas semuanya sudah jauh beberapa kilo didepan. Tiba-tiba aku baru ingat bahwasanya aku belum minum sama sekali gara-gara sibuk mungutin sampah bekas minum dan makanan peserta kampanye tadi. Terasa haus dan lapar juga, sejenak aku dan Indra berhenti di warung dekat jalan yang dilewati. Aku beli dua gelas mineral dan sambil istirahat menghitung jumlah psemua kendaraan yang ikut. ternyata panjang juga, ada sekitar 1 kilometeran gitu. Pas lagi asyiknya ngitung... tiba-tiba ada suara dari sebuah pickup "Gitu yaa... ! minum sendiri-sendiri ... ", aku kaget ... dan tertawa, tertawanya gimana mo bagiin ini mineral sama dia. wong akunya berhenti dia nya lagi melaju kencang. Mo dibeliin ? nah itu dia, ini juga merogoh kantong lama nyari tempat duit adanya dimana. sempat cemas juga sih tadi gak bawa duit sama sekali, bener ... awalnya gak sadar kalo aku tuh gak punya duit cuma adanya buat ongkos aja. berkat rahmat ALlah juga, terasa aja di bagian saku belakang ada yang nyelip.. oh ternyata duit seribu. Alhamdulillah. Kita juga sih yang salah sebenarnya gimana gitu waktu kita minum didepan orang kehausan lewat yang walopun mereka tadi sudah dibagikan satu persatu air mineral bahkan juga dapat makanan lagi.

Setengah rute perjalanan ... kita diguyur hujan, awalnya gerimis tapi lama kelamaan hujan deras. Wah.. syukur banget, ini pertanda rahmat untuk kampanye kali ini. kenapa ? karena jarang-jarang bisa hujan-hujanan gini. Dulu sih waktu kecil sering main hujan tapi.. sekarang ? kapan ... bisa nya cuma dikala seperti ini. Mungkin aku salah satu orang yang paling semangat kampanye kali ini. Soalnya pas di belokan gitu kita kan turun dari sepeda motor bantu ngatur kepanduan biar jalannya mobil2 itu pada lancar. Nah sambil ngatur gitu aku pegang benderanya PKS trus dikibarin sambil loncat-loncat dan nyanyi bareng ama indra. Ternyata gara-gara itu pickup yang rame penumpangnya jadi ikutan nyanyiin yel-yel nya PK Sejahtera. Wuih jadi rame...! Alhamdulillah ya Allah ...