3/31/2004

bukan duduk diantara dua kursi

gak tau kenapa aku kok jadi males ngetik, bukan ngetik postingan tapi ngetik 10 lembar yang dikasihkan kemaren. Kayaknya gara-gara capek nih. Seharian tadi aku berada di DPD bikin tulisan "kontrak sosial caleg PKS dengan rakyat" seukuran 1 m x 2 m yang bakal ditanda tangani nanti siang ama caleg DPR, DPRD I, DPRD II pas kampanye di lapangan Gajayana. Sekarang aku lagi ngerasa low-bat banget. Kecapekan ngurusin persiapan kampanye nasional putaran terakhir se Malang Raya (Kota/Kab/Batu).

Ternyata kakiku udah nyangkut di empat bagian, dan memang inilah gaya rutinitas yang kusenangi. Bukan hanya terfokus pada satu bagian. kenapa ? mungkin gara-gara aku sering dihadapkan pada kondisi seperti itu. Aku sering diajarin untuk bisa bagi waktu oleh orang-orang disekitarku, dalam memanajemen waktu itu bukan hanya dipikirkan tapi dilaksanakan - begitulah kira-kira yang mereka bilang. Gimana bisa melaksanakan manajemen waktu ? agar bisa malaksanakannya jika udah diciptakan kondisi dimana kita berada dalam banyak bagian dan banyak pilihan.

Terlepas dari bener ato salah dengan pilihanku itu, yang jelas aku berusaha untuk menjalani yang terbaik. Namun kendala yang sering ku temukan itu adalah susah untuk fokus. Nah mungkin disini lah intinya, belajar untuk fokus pada permasalahan yang dihadapi. Seperti dianalogikan dengan waktu aku sekolah dulu, waktu berlangsungnya pelajaran gimana caranya bisa fokus dan gak melulu ingatannya pada istirahat. Waktu istirahat, nikmati kesempatan itu dan gimana juga caranya agar tak terpengaruh dengan belajar untuk ujian setelah jam istirahat. Di waktu ujian lagi berlangsung gimana juga harus bisa konsentrasi untuk menjawab pertanyaan dan gak terpengaruh oleh kapan mau pulang. Kalo udah waktunya pulang, ya pulang ... simpan semua buku dan peralatan dan bersiap-siap untuk kembali ke rumah.

Seperti itu juga dengan apa yang kujalani sekarang, tapi permasalahannya bukan selevel belajar, istirahat, ujian, dan pulang. Aku rasa lebih dari itu... bahkan untuk sekian minggu ke depan harus dirancang dari sekarang. So wajar saja buku hitam yang kutenteng setiap hari itu penuh dengan jadwal, ok (deal) dan coretan (cancel). Kalo gak sekarang kapan lagi ?
Karena disatu sisi aku mendapatkan sesuatu dari bagian ini. Sedangkan disi lain aku mendapatkan yang lain yang tak kuperoleh dari sisi ini. Semoga saja apa yang kujalani ini bisa memberi manfaat bagi siapa saja yang bukan hanya untuk diriku saja, amin.

Ya Allah, selalu lah Engkau beri petunjuk pada hambamu ini untuk memilih mana yang terbaik dan mana yang engkau ridhoi ... amin ya robbil alamin !

No comments: