6/18/2005

Bujuklah Saya Dengan Buku

3 tahun yang lalu waktu di kampung ...

"Perasaan celana sama baju ini ibu kenal sejak 4 tahun yang lalu deh, waktu kamu masih SMA, kok masih ada ?" Bunda bertanya tentang baju yang saya kenakan waktu mau berangkat sholat Idul Fitri.

"Iya, masih bagus kan bu ?" Saya bergaya di depan bunda.

"Apanya yang bagus ? tuh keliatan bekas jaitan di lutut, kerah bajunya juga. Makanya kalo punya duit jangan beli buku melulu, sekali-kali beliin baju ... " Bunda terus berbicara yang ujung-ujungnya saya disuruh ganti baju sama punya kakak.

"Trus Fajri mo pake apa Bu ? udah pake ini aja anak bunda dah keren kok" Saya mencium pipi bunda

"Berangkat duluan ya ! Assalamualaikum !" saya berlalu dengan celana coklat dan baju kotak-kotak krem coklat itu.

Beberapa hari yang lalu ...

"Kamu mau dibawain apa ? baju ? celana ? tas ? topi ? sarung ? atauu.." Temanku menyebutkan satu persatu yang mau dibeli.

"Gak usah, buku saja" saya menjawab singkat.

"Yah, buku lagi... buku lagi" temanku pun berlalu.

Barusan ...

Barusan itu sebenarnya saya lagi-lagi menyiksa batin sendiri. Hikz ! kenapa juga saya singgah kesana. Padahal udah wanti-wanti lho, "kalo mo kesana sediakan duit yang cukup". Kalo gak akibatnya ya kayak gini nih, sampe sekarang masih kepikiran ama dua buah buku yang tadi saya pegang, petantang petenteng muter-muter tu toko dan akhirnya gak jadi beli. Gara-gara mikirin isi dompet yang udah kepepet. Walhasil saya mengobati ketersiksaan bathin, saya beli satu buku dan satu mushaf Al-Qur'an + terjemahan. Terjemahan yang dulu, kebawa sama tas temen sampe sekarang blom balik.

Pernah saya bercanda dengan teman, saat itu dia terus-terusan membujuk saya untuk membikin sesuatu dengan iming-iming. Kemudian sambil berkelakar saya bilang "Saya gak mempan dibujuk rayu, tapi bujuklah saya dengan buku". Eh kebeneran, tau gak besoknya dia datang dengan setumpuk buku. Ya mau tak mau dah ...

"1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, 2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. 3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, 4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. 5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya" QS : Al 'Alaq : 1 - 5

No comments: