6/09/2005

Kirim Lagu

Kemaren bang Komeng minta dikirimin lagu Padi. Judulnya "menunggu jawaban" trus ada lagi deretan lagu padi yang lain, sampai lupa judulnya apa. Aku jadi bingung dua kali, lha kok bisa ? Iyalah, bingungku yang pertama lagunya tuh yang mana aku gak tau. Trus bingungku yang kedua lagunya itu format mp3, 1 file rata-rata sebesar 3 MB lebih kurang ada 10 lagu. Bayangin berapa gedenya tuh file trus mo dikirim lewat mana coba. Mo lewat email ? email dari hongkong kali ye bisa ngirimin file segitu gedenya. Bisa sih lewat gmail, cuma nguploadnya itu lumayan juga. Lagian kalo di kantor bawah sih quota upload cuma 1 MB kalo lewat email.

Walhasil, dalam kebingungan yang amat sangat itu... he he he [kok jadi terlalu di dramatisir gini ya Sa ? ]. Tiba-tiba jadi inget pas waktu ngirim file ber-Mega-mega sama temenku dulu. Aha ! akhirnya aku dapatkan cara gimana ngirimin file segede bagong. Gimana caranya ? ntar dulu lah ... sabar, minum-minum kopi dulu napa.

Begini Sa, yang jelas cari file lagu itu dulu. Soalnya dalam ni komputer ga ada lagu itu. Akhirnya aku menjarah komputernya Rendra, hihihihi [eh kamu jangan bilang sama dia ya Sa, ssstt]. Intip folder musiknya. Yes ! akhirnya ketemu juga, trus di sharing. Nah sekarang aku tinggal kopi ke komputer, sekalian di zip. Takutnya ntar kalo pake format mp3 ngupload nya kena ban ID.

Beberapa lagu udah aku copy, sekarang saatnya untuk upload. Dan saatnya juga mo kasih tau sama kamu gimana caranya ngupload file segede bagong gak karu-karuan itu [tapi jangan bilang siapa-siapa ya Sa, ini rahasia kita berdua lho]. Caranya sederhana aja kok. Kita cukup punya account di Yahoo, so beruntung lah aku yang udah punya account di yahoo. Masuk http://briefcase.yahoo.com masukkan login yahoo-nya. Setelah itu klik "add files" bikin folder atau gak usah juga gak papa soalnya udah disedia in folder "My Folder" ama "My Foto Album". Tandain/centang salah satu foldernya trus klik select. [ kamu bisa kan Sa ? aku yakin kamu bisa, kamu kan pinter ]

Nah setelah itu bakal muncul halaman yang isi nya fasilitas untuk upload file, tulisan awalnya :

Browse and Upload
Click Browse to locate each file on your computer. Be sure to click Upload when you are done. (Total upload cannot exceed 5MB Purchase Premium Storage and you can upload up to 15 MB at a time ). If you do not enter a name, your file's name will be used.


trus dibawahnya itu ada kolom browse file dan input nama file, coba liat Sa ada gak ?. Klik browse untuk memilih data mana yang mo di upload. Yang jelas filenya gak lebih dari 5 MB, maklum account ini kan free. Kecuali kalo premium.

Setelah itu, klik upload... trus nunggu menit sambil cek email, buka prenster [ duh lama-lama kok jadi kecanduan site dodol ini ya ? ], ngopi² ama ceting sama "arek gendeng" itu. Nunggu beberapa menit jadi deh satu lagu ketarok disana. Lumayan lagi space yang disediain, 30 MB.

Trus ada yang kurang Sa. File yang diupload kan butuh di sharing biar bang Komeng bisa download. Untuk sharing file, ada 3 pilihan. coba di klik di bagian "share with friends" ntar keluar pilihan folder yang mo di share, klik salah satunya. Abis itu ada 3 pilihan model share nya seperti apa.

Share Your Folder
Note: Only share folders/files with people you trust.

1. Private (only I have access to this folder and any folders within it.)

2. Public (everyone can access this folder.)
Note: The free service on Yahoo! Briefcase does not allow public sharing of files/full-size images.

3. Friends (only Yahoo! users listed below can access this folder and any folders within it.)


Aku pilih yang kedua, cuma sayang gak tau kenapa share facility untuk publicnya error ya. Apa yahoo nya lagi dodol kali ya ? Wah brabe juga nih Sa, tapi kalo masuk pake login sendiri sih ada filenya. bisa di download, lancar lagi. Lah masak aku mo kasih ID ama password nya ama bang komeng ?

yaah ... *bingung lagi set mode on*

Eh btw kayaknya ini bisa jadi tutorial juga buat http://www.oke.or.id deh. Kamu mau bantuin ngetik ulang gak Sa ? males ngeditnya lagi nih, apalagi pake gambar biar jelas. Hihihi... iya deh iya, ntar tak coba ketik lagi biar rapi. Tapi kalo lagi males... gak usah aja ya...

No comments: