6/04/2005

Sholat Isya`

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Seandainya aku tidak memberatkan umatku, aku perintahkan mereka untuk mengakhirkan / menunda shalat Isya` hingga 1/3 malam atau setengahnya."
(HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmizy)

Dari anas bin Malik ra :
"bahwa Rasulullah SAW menunda shalat Isya` hingga tengah malam, kemudian barulah beliau shalat". (HR. Muttafaqun Alaihi).

Namun yang jadi permasalahan sekarang, bagusan mana sholat Isya` di awal waktu berjamaah atau sholat Isya` sendirian tengah malam ?

Dari Abu Hurairoh Ra ia berkata: Nabi SAW bersabda:
"Tidak ada sholat yang paling berat untuk dilakukan oleh orang-orang munafik daripada sholat shubuh dan sholat Isya. Dan kalaulah mereka mengetahui apa-apa yang ada pada keduanya (fadhilah sholat shubuh dan isya) pastilah mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak. Sungguh aku bermaksud untuk memerintahkan muadzin kemudian ia membacakan iqomah kemudian aku memerintahkan seseorang untuk mengimami orang-orang, kemudian aku mengambil api kemudian membakar orang-orang yang tidak keluar untuk melaksankan sholat setelahnya" (HR. Bukhori)

No comments: