6/01/2005

Haji Kolak Kolun

Kenapa ya kalau orang sudah naik haji itu kebanyakan selalu pake selendang kotak-kotak dan kopiah putih ? Bahkan di kampung tempat aku lahir, memakai kopiah putih dan selendang kotak-kotak itu kalo belum naik haji jadi bahan pergunjingan. Kalau ada yang berperilaku demikian, jadilah di cap sebagai "Haji Kolak Kolun (Haji alah ka Makah alun)" yang artinya Haji udah tapi ke Makkah belum.

Tambah lagi satu. Siapa atau mungkin anda sendiri apa akan percaya kalau seorang tidak memakai baju koko (gamis -red), berkopiah, berjenggot, dan memegang tasbih adalah ustadz ? lagi-lagi di tempat saya lahir, ustadz itu identik dengan aksesoris yang saya sebutkan tadi. Kalau ada yang berpenampilan seperti diatas, cukup 2 hari saja berturut-turut gelar ustadz akan melekat dengan sukses pada diri anda.

Ah ternyata di tempat saya lahir, di tempat saya sekarang, dimana saja di Indonesia sama saja. Orang lebih percaya dengan tampilan luar.

Kalau saya bilang orang yang kurus, berambut gondrong, berpakaian biasa sederhana bahkan terkadang kelihatan sedikit kucel itu rajin sholat tahajud, puasa, penghafal Al-Qur'an dan hadits, ilmu tafsir, fiqih dan akidahnya diatas rata-rata, sudah melengkapkan rukun islam yang kelima, sering mengisi di pengajian di daerah pedalaman. apakah anda percaya ?

No comments: