5/17/2005

Menjelang Terlelap

Seratus dua belas halaman saya mampu melahapnya dengan waktu 4 jam ! buku itu tamat sudah, cuma kayaknya catatan waktu 4 jam itu kok terlihat jelek sekali. Kalo 4 jam itu dibagi 100 halaman, berarti 1 halaman lebih kurang 2 menitan. Rasanya kecepatan membaca saya ini sudah makin kendor aja. Atau mungkin terlalu lama selingan di depan tv nya ?

Entah kenapa belakangan setiap berada di atas kasur itu sebelum memejamkan mata saya harus pegang satu buku. Ya, yang penting buku, buku apa saja. Kalo tidak, alhasil 1 jam yang terjadi hanyalah bolak-balik badan kayak ikan di penggorengan sambil membayangkan bahwa hidup itu enak, dan berakhir dengan mata tidak terpejam kemudian berdiri bangkit pergi ke dapur bikin mie atau mungkin ambil remote dan hidupkan channel-channel yang saya rasa bisa membuat ngantuk. Atau lebih parahnya lagi hidupin komputer kamar sebelah kemudian main game sampe berjam-jam.

Berbeda kalau setumpuk tulisan yang dijilid dengan sampul yang menarik itu berada di depan mata. Setengah atau satu jam kemudian biasanya saya sudah terpejam, mendengkur ? wah kalau itu saya tidak bisa pastikan tetapi sampai saat ini belum ada yang komplain kepada saya kalo ada suara-suara yang keluar dari mulut alias dengkuran dari teman-teman.

Namun aneh, malam tadi saya melahap satu buku itu dengan catatan waktu 4 jam tanpa merasa ngantuk sedikit pun. Setelah beranjak ke halaman 10 pada buku yang kedua saya baru merasakan mata ini mengajak tidur. Waktu sudah bergeser turun dari angka 2 dini hari menuju angka tiga. Tapi ada sebesit kekhawatiran kalau nanti tidak bisa bangun saat subuh nanti kalau sekarang memejamkan mata.

Saya bangkit dari pembaringan, bingung ! akhirnya saya putuskan ke belakang. Barangkali 2,4 atau 8 rakaat bisa membantu saya untuk bisa terpejam. Beberapa saat kemudian selesai sudah, tapi ternyata sapaan air di wajah dan bagian tubuh yang lain membuat semakin segar saja. Mata semakin nyala dan tak pelak lagi, saya ke dapur bikin sesuatu yang bisa mengganjal perut. Mie goreng adalah pilihan favorit saya akan makanan tengah malam. Kenapa ? karena memang tak ada lagi pilihan lain.

Selesai makan martabak mie goreng ( tetap aja mie goreng bukan ? ) saya duduk di depan tv membolak-balik channel kotak ajaib tersebut. Tapi kok tak ada yang menarik hati ya ? Pilihan terakhir saya ke pembaringan dan giliran buku yang saya bolak-balik lagi. Kemudian baca do'a yang diajarkan bunda seaktu masih TK. Ya ! alhamdulillah ternyata kali ini jitu, perlahan-lahan saya merasakan mata mulai terasa berat, tanpa pikir panjang lagi mata saya tutup pelan... pelan. Dan saya pun merasakan penat lepas sedikit demi sedikit dari badan. Pikiran melayang terbang, sesekali singgah di awan... damai, tenang ... tentraamm... !

"Allahu Akbar ... Allahu Akbar ... Ashadualla Ilahaillallaaaahh..." terdengar sayup-sayup suara itu melantun. Awalnya sumber suaranya cuma satu, kemudian dua, tiga dan lama kelamaan jadi rame bagaikan koor yang saling sahut-sahutan.

Batin saya mulai hadir suara-suara dari dua kutub yang berlawanan.

"Eh udah subuh tuh, ke Masjid gih !"

"Udah, lu kan lagi ngantuk berat. Dari tadi gak bisa tidur, capek kan ? tidur aja dulu barang 5-10 menit. Subuh masih lama"

"5-10 menit ? memang bisa bangun dijadwal apalagi dalam itungan menit dengan kondisi lowbatt gitu ?".

"Makanya kondisi low batt gitu lu harus istirahat, ntar sakit lho. Gak bisa ngapa-ngapain kan ?".

"Udahlah paling berapa menit sih sholat subuhnya, Inget lho dosa meninggalkan sholat subuh".

"Iya emang sholatnya gak seberapa menit, tapi airnya itu lho ntar bikin ilang ngantuk nya. mana dingin pula, tenang aja tuhan maha pengampun".

Kemudian saya hentikan perdebatan itu. Saya, ikuti apa yang terakhir dari perdebatan itu. Iya tubuh lagi low batt, baru aja melayang biasanya kalo ada yang membangunkan disaat baru saja terlelap saya sering kesal apalagi suara telpon gak jelas alias miscall, atau telpon yang gak jelas ujung pangkalnya. Atau suara dentuman bas dari speaker, adalah hal yang membuat saya bisa saja terbangun tiba-tiba kemudian panik sendiri. Entah kenapa suara bass yang terlalu over itu gak bisa membuat telinga saya nyaman barang sedetikpun. Tapi sekarang suara azan, suara panggilan cinta dari sang kekasih hati apakah membuat saya semakin terlelap ?

Tiba-tiba ....

"Aaaaakkkhhhhh.... !!!". Saya membuka mata kemudian bangkit sambil teriak kenceng ...
"Woi subuhan woiii !!!". Teman disebelah saya mulai terusik dan terbangun.

Saya kebelakang sambil sempoyongan dan menutup mulut sambil menguap.

No comments: