1/31/2004

Hernia ... oh Hernia ...

Ayah saya menderita hernia

Ayah saya menderita hernia sekitar 3 bulan yang lalu. Apakah penyembuhan hanya bisa dilakukan dengan operasi (kecil) saja ? Kalau iya, kira-kira berapa biaya operasi tersebut ? Terima kasih. (Andi)

JAWAB :

Jalan terbaik untuk mengatasi hernia adalah dengan operasi karena yang terjadi pada hernia adalah kendornya ikatan yang ada pada pangkal paha sehingga sebagian dari usus besar terjepit di antaranya. Namun tidak semua hernia harus dioperasi, tergantung pada stadiumnya apabila masih dapat dimasukkan kembali biasanya dokter bedah cenderung menundanya. Operasi hernia sebenarnya termasuk operasi yang tergolong normal artinya bukan operasi besar tetapi juga bukan operasi kecil, dan sudah dilakukan di dunia kedokteran sejak puluhan tahun lamanya sehingga anda tidak perlu khawatir apabila ada kesalahan dalam operasinya. Cobalah berkonsultasi dengan dokter bedah umum yang terdekat untuk mendapatkan penanganan yang memadai.

Salam kesehatan,
Dr. August (DTV)

[ selengkapnya ]

tus aku dapatkan juga disini ...

Hernia Jangan Dianggap Sepele

Nama penyakit ini berasal dari bahasa Latin, herniae, yang berarti penonjolan isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah (defek) pada dinding rongga itu. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Hernia dibedakan atas beberapa jenis. Penamaannya disesuaikan menurut letaknya. Hernia inguinalis adalah hernia yang terjadi di lipat paha. Jenis ini merupakan yang tersering dan dikenal dengan istilah turun berok atau burut. Bila terjadi di paha disebut hernia femoralis, di pusar dinamai hernia umbilikalis, dan di sekat rongga badan dijuluki hernia diafragmatika.

Selain itu, ada jenis hernia insisional, yakni yang terjadi setelah suatu pembedahan. Karena setelah pembedahan biasanya kekuatan jaringan tidak seratus persen kembali seperti semula, daerah itu kemudian menjadi lemah dan dapat mengalami hernia... [ selengkapnya ]

bagaimanapun juga aku harus pulang ! ya... pulang !! kalo bisa sekarang !!!, percuma aku disini ... tak berguna rasanya diriku disaat dia sedang berjuang diantara pilihan hidup dan mati, Se normal apapun operasi nya tetap saja mempertaruhkan nyawa ... Ayah aku mohon dengan sangat, bertahanlah untuk beberapa saat. Izinkan anakmu untuk ... Ya Allah aku tak sanggup berkata-kata lagi ... aku mohon ya Allah ... pleasee

No comments: