2/22/2004

empat setengah tahun yang lalu

Kringgg...kringgg.... telpon berdering nyaring di rumah sebelah. Seperti biasa aku kembali menghitung deringnya, satu..., dua..., tiga..., ...., sembilan..., sepuluh..., orang yang punya rumah punya rumah kemana nih ?
"iya..iya bentar, sabar dikit napa sih" aku mendengar suara cewek dari kamar yang berbatas tembok dengan ruangan yang kutempati sekarang.

"halo siang ! ya... dari siapa ? o.. bentar ya" hening sejenak kemudian terdengar suara pintu rumah dibuka.

'Sur...surya !" suara itu memanggil.

"ya... saya, ada apa ?" aku bangkit dari tempat tidur dan menarok majalah yang kubolak balik tadi begitu saja di lantai yang beralaskan karpet.

"Telpon tuh !" dia berteriak di dekat pintu.

"Kenapa telponnya ? rusak ?" aku berjalan menghampirinya sambil menyarungkan sendal tergesa-gesa.

"leh, bukan... ada telpon buat kamu tuh" dia menatapku heran. "blom mandi yaa ?!" raut mukanya menahan tawa.

"Yup, dah dua hari" Aku membetulkan tali sendal jepitku yang tiba-tiba lepas. "tumben aku dapet telpon, siapa ?" aku berusaha memasukkan tali sendal ke dalam lobang semula.

"tau, katanya temenmu... temen pa temen nih ?!" dia duduk di kursi yang berada diteras rumahnya sambil memeluk tungkai kedua kakinya.

Aku gak begitu mempedulikan bagaimana raut wajahnya barusan, langsung nyelonong ke dalam rumah.
"hallo Assalamualaikum"

"hai dek selamat ya" begh salam ku blom dijawab langsung bilang keterima, kok suara cewek ya ? aku menggaruk kepala yang ternyata gak gatal sama sekali.

"maaf sapa nih ? trima apaan ?" dahiku berkerut masih belum mengerti dengan terima apa yang dia maksud.

"Teknik Mesin men ! teknik mesiinnn ! selamat yah, akhirnya kamu kuliah di Unand juga" nada suaranya ceria banget.

"teknik mesin ? teknik mesin apaan nih ? eh bentar... bentar. Sabar, ini siapa dulu ? trus apa hubungannya aku sama teknik mesin ?" aku masih gak nyambung dengan pembicaraannya barusan.

"ya ampun, bangun hoi ! bangun !" dia teriak sambil ketawa cengengesan.

"Loh ini udah bangun, mo bangun kayak gimana lagi ? siapa sih ini ?" masih siang dah bikin bingung juga nih orang.

"Masa gak tau ? ini siapa ?".

"gak tuh".

"duh segitunya sekarang ya, dah ngelupain kakak nya". kakak ? perasaan kakakku yang cewek gak ada suaranya yang seperti ini deh.

"kakak ? Ni Nen ? Ni wati ?".

"aduh tolong, bukaaannn !".

"lah trus siapa ?" mang aku punya kakak yang lain selain ni nen ama ni wati ?.

"Monik sur, monik !". suaranya sedikit meninggi.

"Oalaaaa... ngobrong dol, kan gak jadi bingung gini. eh ada apa nih, tumben nelpon" ternyata anak kepala sekolah itu.

"Selamat ya".

"selamat ?" masih dalam kondisi membingungkan, langsung aja kupotong pembicaraannya.

"baru aja jadi anak Teknik Mesin udah gitu euy !".

"Teknik Mesin, teknik mesin apaan mon ?" kebingungan masih menyelimuti kepalaku.

"Loh bener nih kamu blom tau sama sekali ?".

"belom, apaan sih ? punya gosip jangan disimpen sendiri ntar jadi jerawat lho".

"Kamu tuh keterima di Teknik Mesin Unand, kamu berada di urutan pertama !" .

"hah ? Alhamdulillahirobbil alamin..." aku kaget "klotak !" tiba-tiba gagang telpon terlepas begitu saja.

"halo...halo... sur kamu masih disitu gak ? hoi, kamu gak papa kan ? ngapain sih kamu ? yee malah ditinggal, hoiii bangunnn bangunnn !".

Jari telunjuk ku menyusuri alur nama yang tertulis di kertas yang ditempel di papan pengumuman. Aku mencari mulai dari urutan paling bawah, "mana sih ? kok gak ada ya ? masa monik bo'ong ?" sambil satu persatu kuperhatikan nama yang tertera disana.
Wah, aku lihat beberapa temanku juga keterima bahkan ada yang Fakultas Kedokteran. Lah aku nya mana ? nih monik ngerjain lagi kayaknya. Waduh memang aku nya yang bego kali ya, satu universitas nyari satu nama tujuh huruf cuma jelas sulit lah. Mana papannya segede gaban itu nama cuma keliatan seberapa ya ? untung nyadar duluan. Pandangan mata kulebarkan sedikit sehingga menyapu semua kertas di papan pengumuman tersebut.

Sekilas aku perhatikan tulisan bercetak tebal "Fakultas Teknik". Nah ini dia, dari tadi kek. Jari telunjukku cepat bergeser dari atas ke bawah ... "mm.. Teknik Sipil, Teknik Industri.., Teknik Lingkungan ..., nah ini dia Teknik Mesin". Pas mataku agak bergeser kebawah dikit seketika itu juga aku tersontak kaget , "Lho ! beneran nih ?" bibirku membentuk seperti bulatan. Aku perhatikan dengan seksama, aku perhatikan huruf yang tertera satu persatu di urutan pertama dan gak salah lagi "S U R Y A D I" yap ! itu namaku. Alhamdulillah namanya bener, tapi masa smu nya juga bener ?

Mataku mengarah ke kanan dan memperhatikan tulisan yang berada di sana. "SMU Negeri 2 Payakumbuh". Nah, gak salah lagi ! ini dia. Alhamdulillah ya Allah, aku lulus ! woi aku lulus ! Aku ingin berteriak sekencangnya (kapan yah aku gak berteriak dalam kondisi seperti ini ? pengen sih diem menikmati tapi susah !). Terbayang di benakku betapa senyum ibu dan ayah jika mereka mengetahui tentang ini. Aku tertawa ceria sendiri, aku ingin memeluk, aku ingin berteriak tapi entah pada siapa. Disini aku sendiri, ya sendiri walopun disekitarku rame. Ada wajah-wajah ceria, ada juga wajah-wajah buram namun masih ada harapan.

... andai dirimu pun hadir melengkapi semuanya dengan satu senyum saja saat itu.

No comments: