2/22/2004

Tukang Cukur

Pernah gak terpikirkan... betapa berharganya seorang tukang cukur rambut. Mungkin terkadang kita berpikiran "ah berapa sih nyukur rambut paling sekian ribu rupiah saja". Mungkin juga kita sering berkata "kayak gitu nyukur nya mah aku juga bisa, segitu doang masa sekian ribu ?". Ya tepat sekali, itu lah ungkapan yang sering terlontar dari mulut kita.


Namun kemaren sore baru aku menyadari bahwasanya mencukur rambut itu gak mudah. mencukur rambut itu butuh kejelian, ketelitian,ketekunan, latihan dan kesabaran yang gak main-main, masya Allah. Kemaren sore itu di mintai tolong mencukur rambut sama temen, dan alhasil ? udah beberapa lama gitu keringat dinginku keluar ! kenapa ? karena model yang di inginkan gak seperti yang kubikin.

Permasalahannya sih simpel aja, waktu menipiskan bagian belakang diatas leher. Aku rada lupa kalo disana jangan terlalu tipis karena terkesan pendek dan rapi, padahal yang di inginkan rada pendek tapi masih kelihatan gondrong *susah kan?*. dan akhirnya sekitar 2 jam baru selesai permak tuh rambut, sampai make cermin gede dan kecil segala biar kelihatan belakangnya ama temenku.

Kejelian, jeli ngeliat gimana bagusnya model rambut yang di inginkan oleh orang yang mau potong rambut tersebut. Ketelitian, memotong rambut kudu teliti soalnya kalo sembrawut ntar hasil nya juga gitu. Ketekunan, motong rambut bukan sekali potong *cret* langsung selesai, bukan. motongnya berkali-kali dan itu kudu konsisten, satu area yang dikerjakan itu diselesaikan dulu baru pindah ke area yang lain. Jangan berpindah dulu kalo belum selesai karena akan berakibat modelnya jadi gak karu-karuan, kecuali kalo itu yang di ingini.

Latihan, orang bisa motong rambut harus melakukan semacam latihan rutin. Karena rambut setiap orang berbeda-beda, apalagi gaya atau model yang di inginkan tentu saja gak sama semuanya. Untuk satu model rambut saja butuh latihan beberapa kali. Gak salah kalo orang baru belajar motong rambut banyak yangjadi korba kelinci percobaan. Kesabaran, seorang tukang cukur tak akan bisa menyelesaikan cukurannya kalo gak memiliki sifat yang satu ini. Bisa-bisa ambil kesimpulan "pergi ke tukang cukur lain, atau botak !". tadi sih aku sempat mengeluarkan dua opsi kesimpulan itu tadi, untung gak jadi. Rasanya gimana gitu, kayak gak bertanggung jawab aja. Kalo emang gak bisa jangan pegang tuh gunting, tul gak ?

Nah patut diketahui juga, tukang cukur adalah orang yang paling tepercaya. Menjunjunga amanah yang diberikan kepadanya. Kenapa ? karena nyawa seorang presiden pun akan berada di tangan seorang tukang cukur rambut. Bayangkan, tanpa rasa khawatir sedikitpun kita menyerahkan leher sewaktu mencukur jenggot ataupun kumis. Nah seberapa besar kepercayaan kita terhadap seorang tukang cukur rambut ? sampai-sampai kita gak khawatir sakam sekali dengan nyawa yang akan melayang.

Alhamdulillah akhirnya aku tadi menyelesaikan pekerjaan yang berat, lumayan itu rambut gak jadi ke tukang cukur rambut yang lebih profesional atau malah ngambil kesimpulan plontos. Sudah 3 tahun lebih aku gak mencukur rambut orang lain, so kayaknya kudu latihan lebih rutin lagi nih. Ada yang mau jadi kelinci percobaan ? gratis deh ! hehehe

No comments: