2/20/2004

Nasyid

Alur pikiranku yang mengikuti irama nasyid yang barusan semalam download. Kenapa dengan nasyid ? ya, gara-gara saking kangennya akan irama tersebut aku jelajahi tiap sudut website yang menyediakan nasyid. Semua CD nasyidku entah kemana perginya, sejak dipinjam oleh siapa aku juga gak tau sampai sekarang gak balik. Nasibku selalu begitu kalo dipinjami sesuatu, ujung-ujungnya selalu lupa. Gilirannya sekarang ngubek-ngubek website yang nyediain nasyid


Namun sayang, masih sedikit yang format .mp3 yang aku peroleh. baru album Cinta Rasul nya Hadad Alwi dan Sulis. Sedangkan yang lain format .ram yang kudu pake ReaLPlayer biar bisa denger. Alhamdulillah gak papa, dari pada gak ada sama sekali. Ini kan juga bisa ngobatin kangen ama irama nasyid. Ditunggu CD itu kapan baliknya ? Kemaren sih sebenernya ada teman yang mo bekapin nasyid yang dia punya, cuma kan sama juga nunggu lagi tho ? so kenapa gak usaha dikit lah nyari di dunia maya ini.

Nasyid ? apaan lagi tuh ? yap, itu pertanyaan yang pertama kali muncul di pikiranku sekian tahun yang lalu. Apa itu nasyid, seperti yang ditulis oleh http://www.cybernasyid.com :

Seni atau kesenian memiliki banyak bidang. Salah satunya adalah seni suara. Kaum muslimin?utamanya para ahli seni Islam, ulama, penyair Islam, aktivis gerakan Islam?adalah pihak yang paling gigih dalam berupaya menghadirkan ruh Islam dalam pentas seni suara .
Jika kita tarik jauh ke belakang , sesungguhnya upaya kreatif menghadirkan ruh Islam pada dunia senia suara, sesungguhnya telah berlangsung sejak masa Rasulullah . Syair "thola?al badru ?alaina?"(telah muncul rembulan di tengah kami?) -- yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta?lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW untuk pertama kali ke Madinah. [ selengkapnya ]


Aku mo bikin ini hari lantunan nasyid, seperti waktu aku di radio TEUBFM dulu. Seringa banget seharian penuh muterin nasyid, ya peduli amat tho ? orang juga butuh dengerin yang seperti itu. Bukankah telinga ini juga berhak dengerin musik selain Rock, Punk, Grunge, Jazz, Blues, Pop, Hip Hop, R&B, Dangdut ?

No comments: