2/28/2004

Microsuck ! Part II

Yah, seperti itu lah raut wajahku beberapa saat tadi. Tapi sayang rambutnya gak sepanjang itu, sebelumnya maaf dulu kalo yang aku pampangin gambarnya si vedder, karena aku gak ada gambar lain yang bisa mewakili gimana aku sekarang ini. lagi bongkar-bongkar file akhirnya ketemulah gambar yang disamping ini.

Permasalahan berawal dari permintaan user buat backup data ke cd. Seperti biasa aku klik program nero, entah kenapa kali ini dia menolak. Gak mau jalan sama sekali, dan alasannya sepele aja dia bilang filenya corrupt gitu trus disuruh nginstall ulag lagi. Alhasil user tadi terpaksa balik kanan tanpa membawa hasil backup an. Lah mo backup gimana wong prongramnya mandek gitu. Aku janjiin hari senin besok untuk backup lagi, ini lah sekilas kerjaannya sang operator warnet yang ngerangkap tukan bengkel komputer.

Sempat juga aku tadi nyari penyebabnya apa, namun sebelumnya juga CutFtp ku kena serangan yang serupa. Alasan file corrupt membuat aku tak berdaya melanjutkan uploadan ku ke hosting. Ok ! kalo pengen ngajak main-main mari kita selesaikan. Abis magrib tadi, disket sebiji ku korbankan sebgai start up maklum masih pake windows 98 soalnya udah gak kena lisensi. Kalo yang lain malah kudu bayar 200 juta ! seperti hal nya Universitas tempat aku hidup ini rela merogoh kocek yang entah koceknya siapa demi sekeping cd yang berlabelkan windows !

Sempat juga dulu, masih gara-gara microshit winblows ini aku berpindah ke linux. Penyebabnya masih sama yaitu nya virus ! Entah apa aja udah aku kasih nama untuk si winblows (windows -red) apa itu Microshit, Microsuck , Mikocok , atau apa aja deh sebagai gambaran dan lampiasan kekesalanku terhadap yang namanya microsoft. Nah kali ini kembali terulang lagi hal yang sama bahkan lebih parah ! sebenarnya aku dari dulu pengen under linux gitu tapi gimana mungkin wong ini komputer buat operator yang bakal ngeprint, scan, kopi data, backup cd. Bisa sih linux ngerjain itu semua, tapi yang akunya blom familiar betul sodara-sodara ! so akhir nya kita balik haluan lagi dengan yang namanya mikocok tadi.

Resiko yang besarpun terabaikan, yaitunya... serangan virus ! pake anti virus ? aduh aku tuh dah bosen make antivirus, ada update terbaru dateng lagi virus yang lebih canggih. Akhirnya aku putuskan pake deepreezer, yang ini lumayan bisa ngatasi semua permasalahan. walopun setiap dua bulan kudu di install ulang, tapi udah berapa tahun ini jalannya komputer masih lancar dan aman. Namun kemaren-kemaren gejala efeknya udah terlihat. Analisa ku pertama ini memang gara-gara deeprezer, soalnya udah berapa lama gitu semestinya aku kudu rutin bongkar defreez trus scandisk sekaligus defrag. nah ini gak pernah sama sekali, so alhasil bin alakibatnya setiap installer yang akan ku install gitu selalu muncul box aalert "file corrupt !". begh ! bener deh ... microsuck banget !

Barusan udah format ulang C: trus install ulang windowsnya namun kenyataannya gak jauh berbeda. Aku jadi mikir ngapain juga aku capek2 nginstall lagi ya ? kalo hasilnya masih tetap aja. Sekarang aku belom mau nerusin megang itu komputer bisa-bias ntar malah ngebanting cpu nya. biarin dia adem dulu, biarin dia tenang dulu ntar kita perang lagi ok ?! jadi kasih kesempatan dong aku nya buat berpikir. ngatur strategi gimana aku bisa menangin ini perang.

Itu baru pertama, yang kedua ... komputer mas abazh get total error ! masih saja gara-gara dua tangan yang bergelantungan ini. Ceritanya sih tadi gara-gara komputer ku masih di install windows, tiba-tiba mas boni dateng mo backup deeprezer. nah aku bilang blom bisa aku masih nginstalin windows nya. Aku bukan sekedar ngintal aja tapi ada embel-embelnya dikit kayak scandisk, defrag dan bla..bla...berharap peformance nya nanti bisa yahud. Gak tega aja ngeliat dia nungguin sampe jenggotan akhirnya aku punya ide giman akalo di backup di komputer mas abazh aja.

Hardisk udah disiapin, soalnya itu master gak ada di tempatnya mas abazh. So kita mulai bongkar komputernya trus pasang hardisk yang ku bawa tadi. Awalnya lancar dan aman, backup pun berlangsung sip sip aj. ops pas di bagian akhir ? ini lah awal tragedi terjadi. screensaver paling sering miliknya windows tiba-tiba muncul ! BlueScreen ! yap ... itu screensaver paling gampang banget bikinnya di windows. Backupan nya berhasil cuma, pas aku mo ngopi master nero ... itu komputer ngadat. gak bergerak sama sekali. So pake jurus tiga jari ctrl-alt-del, gak juga ngefek akhirnya pake satu jari -reset ! Eh gak taunya kejadian aneh terjadi...tiba-tiba file "vmm32.vxd is missing, you must installs windows again !" begh ! microsuck !!!

tanapa babibu lagi aku langsung setup ulang itu komputer, bukannya kenapa-napa soalnya itu kompi bukan operasionalnya aku. operasionalnya mas abazh. gak enak dong tiba-tiba aku bikin jebol windows nya. Selesai install walopun rada ngadat juga... duh bener-bener deh microshit banget ! aku sms mas abazh trus minta maaf, dari pada nanti dia nanya-nanya komputernya kok jadi lain gitu mending aku kasih tau duluan. Jaga-jaga aja biar dia bisa ngetasi kalo ada problem nanti, dan biar dia juga tau yang bertanggung jawab atas perubahan yang ada di komputernya itu adalah aku.

sekali lagi ya buat Bill Gate ... Microshit ! Microsuck ! Mikocok ! tuh makan ...

No comments: