2/18/2004

Kalian...

Itulah salah satu kata yang selalu kalo bisa tidak aku dengar ataupun kulihat dalam bentuk tulisan. Entahlah, aku merasakan suatu aura yang beda aja kalo ada yang bilang "kalian...", terasa orang yang mendengarkan begitu dikecilkan dengan ungkapan tersebut. Apalagi dengan dibubuhi kata harus setelahnya, kayak "Kalian harus..." "Kalian seharusnya ...".

Sederhana memang, tapi anggapan timbul dalam diriku tidak sesederhana itu. tidak segampang ucapan "kalian", terlalu berat ... ya terlalu sulit aku bisa menerima kata "kalian" yang berasal dari orang sebaya ataupun lebih muda. Kecuali orang yang lebih tua, bisa ku terima dengan wajar.



"kalian" menurutku berupa kata yang membawa makna sedikit merendahkan lawan bicara, bahkan sering digunakan untuk nada-nada yang mengandung emosi atau amarah. Terus terang aku sendiri pernah menggunakan kata "kalian" itu disaat kemarahan ku sudah meledak-ledak gak bisa diredam lagi pada 2-3 orang atau lebih. Terasa sekali amarahku waktu itu tersalurkan setelah berucap "kalian !!!".

Semoga kita sedikit berpikir sebelum mengeluarkan "kalian", mungkin saja ada beberapa teman yang lain juga berpikiran sama denganku. Dan semoga juga aku bisa lebih menerima perkataan "kalian" untuk sekarang dan kedepan.

1 comment:

ludfi said...

secara harafiah-pun kata "KALIAN" memang merendahkankan lawan bicara, hal ini sudah secara normatif berlaku disemua tingkat sosial masyarakat tanpa melihat kluturnya.